Rabu, 17 Desember 2014

APLIKASI POLA PENGENALAN 4 SUARA DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN MENGGUNAKAN METODE PERCEPTRON

Oleh: Desrina Fauziah
Mahasiswa Semester 7 JurPenMat IAIN Mataram

Dewasa ini, berbagai macam cabang ilmu pengetahuan sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat akibat dari perkembangan pemikiran manusia yang dinamis sehingga dengan hal tersebut manusia mampu menciptakan model-model tekhnologi yang membantu dalam kegiatan baik berkaitan dalam keseharian, pendidikan dan lain-lain. Dengan adanya tehnologi maka lebih memanjakan seseorang dalam melakukan segala hal, dapat mengefisienkan waktu dan meminimalisir biaya yang dikeluarkan sehingga waktu yang tersisa dapat digunakan untuk mengerjakan aktivitas lain. 

Dunia teknologi yang semakin maju pada era modernisasi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kemajuan dibidang ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu matematika. Dimana telah kita kenal komputasi matematika atau semacam model pengoperasian matematika menggunakan tehnik komputerisasi yang dapat membantu dalam menerapkan dan menguasai tehnologi.
 
Dalam penggunaan ilmu komputasi matematika para pengguna atau ahli matematika mampu menerapkan konsep-konsep pikir matematika kedalam konsep pemrograman komputer atau algoritma program dengan menggunakan bahasabahasa dasar komputer dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika.
Saat ini rata-rata perusahaan besar menggunakan aplikasi sidik jari sebagai alat untuk membantu mengetahui presensi karyawan atau pegawai yang ada. Hal tersebut sudah biasa terjadi, melalui teknologi yang semakin berkembang, kita bisa saja melakukan presensi dengan beberapa cara yaitu, sidik jari, pengenalan suara dan menggunakan retina mata. Pengenalan suara tersebut dilakukan dengan menggunakan konsep jaringan syaraf tiruan yang dibantu oleh program Matlab. Jadi, perusahaan-perusahaan tersebut tidak monoton menggunakan aplikasi sidik jari dalam membantu mengetahui presensi karyawan. Presensi tersebut dapat menggunakan pengenalan pola suara yang telah dilatih sebelumnya oleh jaringan syaraf tiruan. Maka dari itu, dibuatlah aplikasi pengenalan pola suara.  
Program tersebut bisa anda download disini.


Desrina Fauziah. Mahasiswa Kelas VA Semester 7 Jurusan Pendidikan Matematika FITK IAIN Mataram. Keseharian diisi dengan kegiatan di Lab Matematika sebagai Co Ass Matlab. Itulah program yang dia geluti dari sejak menjadi Co Ass di Lab Matematika. Atas bimbingan Dosen Pembina Praktikum Matlab yakni Ripai, M.Si, pada September lalu berhasil meraih Juara 1 Olimpiade Matematika Komputasi Tingkat Mahasiswa Se-NTB 2014.


3 komentar:

  1. dear Desrina Fauziah
    Link download source codenya tidak bisa..
    apakah bisa di share link downloadnya...
    atau email ke kurniawan_kh@yahoo.com atau andik.pii@gmail.com

    BalasHapus
  2. salam mbak..maaf ng bs di download mbak..
    boleh saya mintak programnya

    BalasHapus
  3. Asslamu'alaikum
    saya tertarik dengan program ini, boleh saya minta source codenya mbak? buat penelitian dan tugas akhir
    email : ranggageni671@gmail.com

    BalasHapus