Jumat, 26 Desember 2014

Bank Data Judul Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika

Program Aplikasi DB. v. 01
 
Oleh: Syaharuddin
Staf LabMat Bagian Data & Inventaris


Abstrak – Kesulitan menentukan judul (topik) penelitian terkadang meresahkan mahasiswa ketika musim pengajuan judul proposal/skripsi di IAIN Mataram khususnya Jurusan Pendidikan Matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya referensi diksi kata yang harus digunakan dalam susunan kalimat judul/topik yang akan dijadikan patokan selama penelitian. Di sisi lain, pihak jurusan terkadang juga kurang teliti dan akurat dalam mengesahkan judul proposal yang sudah diajukan, karena sulitnya mengecek kembali judul/topik yang sudah diteliti atau belum pernah tersentuh oleh kajian ilmiah para peneliti. Kegiatan plagiat (copy paste) sangat rawan terjadi di kalangan mahasiswa. Proses seperti ini tentu membutakan mata rantai pemikiran ilmiah mahasiswa selaku aktor utama dalam penelitiannya. Oleh sebab itu, perlu dibuat program aplikasi (1) untuk mendeteksi data (topik) yang sudah diajukan oleh mahasiswa agar tidak terjadi kegiatan plagiat (copy paste) proposal/skripsi di kalangan mahasiswa, dan (2) bisa dijadikan ajuan oleh mahasiswa sebelum mengajukan topik/judul proposal/skripsi serta sebagai landasan ilmiah yang akan digunakan selama penelitian di lapangan nantinya.
*****
Adapun cara penggunaan program aplikasi:
Sebaiknya baca "Help" terlebih dahulu.
1. Pilih "Login", untuk Mahasiswa atau Dosen.
2. Input User dan Password berdasakan pilihan Login.
3. Di Form Mahasiswa atau Dosen sudah disediakan masing-masing pilihan menu.
    a. Data Baru. Input daftar Judul Skripsi baru, jika belum terdaftar
    b. Cari. Untuk mencari data dari Database sesuai pilihan.
    c. Seleksi. Untuk seleksi/menyaring data tertentu
    d. Laporan. Sebagai laporan jika User ingin print (bukti)
    e. Edit Data. Hanya untuk Admin (Dosen) jika ada data yang perlu dirubah
    f. Keluar. Kembali ke menu utama
4. Selesai
Gambar 1.  Menu Utama
 Gambar 2. Petunjuk, Programer, dan Tujuan

Gambar 3. Form Mahasiswa: Cari Data

Sebelum mencari data, usahakan ukuran tabel terlihat indah (geret pinggir tabel terlebih dahulu), kemudian Anda pilih dulu item apa yang ingin dicari. Setelah itu baru anda masukkan sembarang String (Huruf) atau Angka dari key word yang anda inginkan.

Gambar 4. Data Baru

Jika ada judul skripsi yang belum terdaftar. Mohon input sendiri. atau anda emailkan ke: labmat_iainmtr@yahoo.com agar data tetap terupdate. Hal ini akan mempermudah User yang lain untuk tetap mendapat judul baru. Hal ini juga akan kami lakukan setiap akhir semester atau ketika ada judul baru keluar dari Jurusan.

Gambar 5. Form untuk Admin / Dosen
Gambar 6. Laporan / Form Printer

Laporan sangat penting. Sehingga kami buatkan Tombol laporan jika User ingin printkan data dari hasil pencarian tersebut.

Semoga program aplikasi ini bermanfaat untuk kemajuan Jurusan Pend. Matematika khususnya dan FITK pada umumnya. Kemudian kami minta do'a agar Bank Data Judul Skripsi tingkat Fakultas segera rampung. In Shaa Allah akan kami namanakan DB. v. 02.

Selamat Menggunakan.






0 komentar:

Posting Komentar