Kamis, 11 September 2014

Profil Laboratorium Matematika FITK IAIN Mataram

Sejarah Lab Matematika FITK IAIN Mataram
 
Salah satu Visi Misi Jurusan Pendidikan Matematika adalah Mengembangkan pendidikan, pengajaran, dan penelitian dalam bidang pendidikan matematika secara profesional, kompetitif, dan integratif. Oleh karena itu, untuk mewujudkan mimpi ini Jurusan Pendidikan Matematika menyusun kurikulum yang salah satu indikatornya adalah berbasis matematika komputasi. Melalui ide ini dibuatkan berbagai mata Praktikum yang mampu menunjang kemampuan mahasiswa untuk menghadapi lapangan kerja setelah lulus nanti. 

Pada tahun 2006 dibuatkanlah sebuah ruangan Laboratorium Matematika di Kampus 1 dekat Ruangan Perpustakaan IAIN Mataram (sekarang Sekretariat KOPMA IAIN Mataram). Pada dasarnya, ruangan ini merupakan Sekretariat HMJ Pend. Matematika saat pemerintahan saudara Muhibbin. Jadi, saat itu ruangan ini dwifungsi, yakni sebagai Lab. Matematika dan Sekretariat HMJ. Pend. Matematika. Adapun mata Praktikum yang diselenggarakan ada 5, yakni Fisika Dasar, Biologi Umum, Kimia Dasar, C++, Delphi, Matlab, QS-QM, Iteman, Macromedia Flash, dan Matematika Excell. Saat itu, segala aktivitas di Laboratorium langsung di bawah komando Ketua Jurusan. Kemudian pada tahun 2009, Bapak Alkusaeri, M.Pd dipercaya oleh Jurusan sebagai Kepala Laboratorium Matematika sampai sekarang. Akhirnya, kurikulum praktikum mulai dirancang dengan baik dan sistematis. 

Kemudian pada tahun 2010, mahasiswa Fakultas Tarbiyah (sekarang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) pindah lokasi kuliah dari Kampus 1 (Pusat Kota Mataram) ke Kampus 2 (Jempong). Maka seluruh aktivitas di Laboratorium dipindah ke Kampus 2. Di kampus baru ini banyak terjadi perubahan pada kurikulum Praktikum di Laboratorium Matematika. Di era tersebut sebaran mata praktikum ditiap semester sudah jelas. Di samping itu pilah pilih software yang akan dipelajari dan dikembangkan oleh mahasiswa sudah jelas. Sehingga, pada akhir semester pihak Laboratorium sudah menetapkan bahwa setiap mahasiswa semester akhir harus melakukan pengembangan program aplikasi matematika melalui software-software yang sudah dipelajari pada semester sebelumnya.

Visi dan Misi Lab Matematika FITK IAIN Mataram



Adapun Visi dan Misi Laboratorium Matematika IAIN Mataram sebagai berikut.
Visi
:
 Merealisasikan Visi Misi Jurusan Pendidikan Matematika
Misi
:
1. Menciptakan mahasiswa yang kompeten di bidang matematika komputasi, analisis data, dan basis data.
2.  Mengembangkan keahlian mahasiswa dalam membuat design dan animasi media pembelajaran matematika yang efektif, menarik, dan efisien.


0 komentar:

Posting Komentar